Saturday, October 18, 2008

Chatting yuk!

Kembali ke XP, saya ingin menunjukan kepada pembaca bagaimana caranya chatting dengan tanpa menggunakan aplikasi internet messenger yang tentu saja menggunakan OS Windows XP, versi windows favorit! :D.
Kalo anda terbiasa menggunakan Yahoo Messenger untuk melakukan chat dengan teman, kerabat atau relasi yang lain, anda yang tidak memiliki koneksi internet pun bisa melakukan hal ini. Tentunya komputer anda harus terhubung dengan komputer orang yang akan anda ajak chat. Anda bisa menghubungkan 2 komputer dengan kabel lan, wifi, atau media lain. Selain itu kita perlu mengecek sambungan komputer ini dengan komputer orang lain. Bagaimana caranya? Kebanyakan orang menggunakan program bernama ping(yang saya kira ada disetiap versi windows sejak windows 95). Ping digunakan untuk mengirimkan paket ICMP ke komputer lawan dengan menggunakan protocol TCP-IP, sehingga program ini akan membutuhkan sebuah parameter yang merupakan IP dari komputer lawan. Misalkan kita melakukan ping terhadap komputer dengan IP 127.0.0.1, maka kita perlu mengetikan perintah ‘ping 127.0.0.1’ pada command prompt. Bila terhubung maka tampilannya akan seperti ini:
Wajar saja bila tanpa sambungan apapun akan terlihat konek, karena secara default alamat IP tersebut merupakan alamat dari komputer itu sendiri, ya! Komputer yang anda pakai sekarang.
Coba sekarang kita akan mencoba dengan alamat IP yang tidak mungkin terhubung, sebagai contoh 10.10.10.10(bisa saja komputer anda terhubung dengannya, bila anda berada pada suatu jaringan).
Untuk memulai chatting, maka kedua komputer harus berada pada posisi saling konek, jangan sampai hanya salah satu saja dan koneksi terhalang oleh firewall anda.
Langkah yang perlu anda lakukan untuk memulai chatting:

Ketik ‘dxdiag’ pada kotak dialog run lalu enter, start menu -> run;

Maka akan tertampilnya sebuah window DirectX Diagnostic Tool
Kemudian pilih tab ‘network’
Lalu klik ‘Test DirectPlay’
Sejauh ini apa yang dilakukan pada kedua komputer sama. Namun kemudian…
Pada komputer 1 : Ubah username dan editbox pada samping ‘Create New Session’ sesuai dengan yang anda inginkan, misal username=kambing1, session=candle light dinner kemudian ketik OK
Nah, sekarang tinggal menunggu koneksi dari komputer 2
Pada komputer 2 : ganti username menjadi kambing2 dan pilih ‘Join Existing session’,klik OK
Kemudian masukan alamat IP dari komputer 1, seperti yang terlihat pada dialog session yang ada pada komputer 1,contoh 169.254.116.184, maka akan muncul window seperti dibawah ini.
Kemudian pilih sessionnya dan klik join. Setelah itu anda dapat chatting dengan komputer dalam jaringan anda tanpa harus menggunakan internet messenger!:D
Tampilan pada komputer 1
Tampilan pada komputer 2

No comments: