Friday, January 23, 2015

Framework dalam lingkungan Java


Framework in Java environment

Dalam pengembangan sebuah sistem, betapapun kecil atau sempit ruang penerapan dari sistem yang akan dibuat, keberadaan dari segala sesuatu yang dapat memudahkan kerja dari si pengembang (programmer/developer) tentu patut diapresiasi.

Jika anda terbiasa menggunakan/mengimplementasikan framework ketika membangun sebuah web misalnya, anda pasti dapat merasakan betapa merepotkannya jika semua harus dilakukan mulai dari nol, bagi anda yang menggeluti bidang pemrograman kadang hal membosankan berupa -memulai dari nol- ini lazim juga disebut dengan -starting from the scratch-.

Terkait dengan ruang lingkup dari tulisan ini yang membahas Java, akan dibahas pula framework yang didedikasikan untuk Java di Web. Rekan-rekan programmer mungkin sudah tidak perlu diberikan penjelasan terkait apa itu framework karena sudah terbiasa mendengar atau bahkan sudah berada di level expert, namun bagi pembaca yang awam, framework sendiri dapat dipahami sebagai suatu ruang lingkup (kerangka kerja) yang ditujukan untuk memudahkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi, dimana dengan bantuan framework ini, programmer dapat dengan mudah pula melakukan perubahan (customize) terhadap apliasi yang dibuat/dikembangkan, disamping dapat pula dipakai/digunakan kembali untuk aplikasi lain yang sejenis.



Beberapa framework untuk mengembangkan aplikasi web berbasis Java telah banyak dibuat, misalnya Struts  dari Apache. Struts menggunakan prinsip desain Model -View- Controller (MVC). Pembaca tentu ingin mengetahui lebih jauh tentang Struts,  berikut merupakan komponen dasar dari Struts :

- Framework dasar
memuat fungsi dasar MVC, dan kumpulan basic block  dari aplikasi. Intinya adalah Controller Servlet  yang memegang kendali/kontrol, adapun sisanya berupa kelas-kelas yang menangani fungsi-fungsi yang dibutuhkan

- Library JSP Tag
didalam nya memuat  HTML, Bean, Logic, Nested

- Tiles plugin
terdiri dari  kumpulan framework template JSP yang memfasilitasi kembali penggunaan kembali kode-kode yang ada. kumpulan ini membentuk tiles subframework dan membungkus Struts.

- Plugin Validator
Struts berada dalam subframewrok validator yang didalamnya terdapat berbagai framework untuk kebutuhan validasi data pada client maupun server.

anda penasaran dengan Struts, ingin mengenal Struts lebih dalam?
berikut adalah link yang dapat anda  kunjungi untuk mendalami Struts.

source : Shalahuddin,M & A.S.,Rosa, Java di Web, 2008 BI;Bandung.

No comments: