Friday, January 23, 2015

Java on the Web



Java on the web,

Developing a website, web Application or Information System with HTML and PHP is too mainstream?
why not trying Java.

Java baik untuk digunakan di Web karena java merupakan bahasa pemrograman yang perkembangannya dapat dikatakan cukup pesat. Tidak heran jika di beberapa lowongan pekerjaan dicantumkan bahwa kandidat/pelamar yang memiliki kemampuan atau pernah men develop tools, system atau yang semacamnya dengan Java, lebih disukai (more preferable) selain  bahwa Java juga memiliki prospek terkait pengembangannya ke depan.

Lebih dari itu, Java juga menyediakan Java Interface toolkit (swing) yang lengkap, fasilitas penggunaan grafik (API java 2D), pengaksesan layanan pada desktop seperti mencetak dokumen dan pengontrolan browser, dan solusi deployment client (Java Web Start). Teknologi Java yang dapat digunakan untuk Web adalah applet, servlet, dan java server pages (JSP). Applet digunakan untuk membuat aplikasi seperti jika anda membuat aplikasi desktop yang dijalankan di Web. Servlet merupakan bagian dari J2EE yang memang didesain dan didedikasikan untuk Java di Web. Servlet dapat menampilkan halaman web menggunakan HTML namun pemrosesan aksi pada web menggunakan bahasa pemrograman Java. Servlet dapat menggunakan semua library standard java untuk mendefinisikan proses yang dibutuhkan.

Pada Perkembangannya, Sun (yang kini dimiliki oleh Oracle), mengeluarkan sebuah teknologi yang dibuat di atas servlet, yaitu teknologi java server pages (JSP ) untuk memudahkan programmer yang tidak terbiasa dengan Java. Java merupakan teknologi yang memerlukan sebuah virtual machine, oleh karena itu dibutuhkan spesifikasi server yang cukup memadai jika dirasa perlu untuk menggunakan Java di Web.

next = = >> framework in Java environment


source : Shalahuddin,M & A.S.,Rosa, Java di Web, 2008 BI;Bandung

No comments: